Pengertian Kewirausahaan dari Para Ahli

Orang yang memiliki jiwa kewirausahaan maka harus siap menerima keberhasilan ataupun kegagalan kewirausahaan.Kewirausahaan adalah sebuah sikap yang menerapkan suatu ide yang sangat inovatif dengan memanfaatkan peluang untuk mendapatkan sesuatu yang memiliki sebuah nilai. Proses dari kewirausahaan sangatlah dinamis karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu waktu, sumber daya alam ataupun sumber daya manusia, modal dan resiko usaha.

Jika memang anda adalah seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi maka ketika anda ingin memulai sebuah bisnis anda akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa usaha anda yang disertai dengan berbagai inovasi akan memiliki perkembangan yang sangat baik dan akan terus mengalami kemajuan.

Pengertian Kewirausahaan dari Para Ahli

Untuk membedakan seseorang yang benar-benar memiliki jiwa kewirausahaan atau tidak, maka anda perlu mengetahui pengertian kewirausahaan menurut para ahli. Maka simak informasinya di bawah ini.

1. Kewirausahaan menurut Joko Untoro

Kewirausahaan adalah sebuah sikap berani untuk melakukan segala upaya agar dapat memenuh kebutuhan hidup yang dilakukan berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan kemampuan atau potensi yang dimiliki yang dapat menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Seseorang yang dapat dikatakan memiliki jiwa kewirausahaan adalah mereka yang memiliki kemampuan dan potensi dengan rasa berani menciptakan sebuah usaha yang dapat bermanfaat untuk memberikan keuntungan untuk diri sendiri ataupun orang lain.

2. Kewirausahaan secara umum

Pengertian kewirausahaan secara umum adalah proses yang dalam melakukan sesuatunya bersifat baru dengan cara yang kreatif dipenuhi dengan inovasi sehingga dapat menciptakan suatu hal yang baru dan dapat dijadikan sebagai sebagai sebuah nilai lebih untuk usaha atau bisnis anda sehingga lebih bermanfaat untuk orang lain.pengertian kewirausahaan 2018

Proses inovasi menciptakan hal yang baru memang sangat diperlukan untuk menciptakan sebuah bisnis atau usaha karena orang akan menganggap usaha anda memiliki nilai bonus karena ada keunikan atau kelebihan tersendiri dari usaha anda.

3. Kewirausahaan menurut Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusi kewirausahaan adalah nilai yang dapat diwujudkan melalui sebuah tindakan atau perilaku yang dapat dijadikan sebagai sumber daya, kiat, tujuan, proses dan hasil bisnis.

Jadi sebenarnya setiap orang memiliki jiwa kewirausahaan akan tetapi semua itu dapat terwujud jika anda mampu mengembangkan kemampuan yang anda miliki dengan mempertimbangkan tujuan yang anda inginkan melalui sebuah proses dan hasil yang tentunya memberikan sebuah keuntungan besar.

4. Kewirausahaan menurut Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah nilai yang sangat dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkannya. Jika anda sudah berhasil mengembangkan usaha anda berarti anda memang memiliki jiwa kewirausahaan.

Jika anda ingin memiliki sebuah jiwa kewirausahaan anda dapat menanamkannya mulai sekarang. Selain itu anda juga harus mengatahui prinsip atau kiat-kiat agar usaha anda dapat berhasil.

5. Kewirausahaan menurut KBBI

Pengertian kewirausahaan menurut KBBI terbentuk dari dua kata yang berbeda yaitu “wira” dan “usaha”. Wira memiliki sebuah arti pejuang, berbudi luhur, berani, dan berwatak agung,. Sedangkan usaha memiliki sebuah arti berbuat sesuatu, bekerja, dan berbuat amal.

Dari arti tersebut dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah sebuah sikap untuk melakukan sesuatu dalam hal bekerja disertai dengan sikap pemberani dan berjuang untuk menghadapi segala persaingan bahkan permasalahan ataupun resiko yang terdapat di dalam sebuah usaha atau bisnis.

Setelah membaca informasi mengenai pengertian kewirausahaan menurut para ahli, tentunya membuat anda semakin memahami seperti apa orang yang memiliki jiwa kewirausahaan dan bukan orang yang berjiwa kewirausahaan.

Pengertian Kewirausahaan dari Para Ahli | apaitu | 4.5