Pengertian Demokrasi sebagai Sistem Pemerintahan di Indonesia

Negara Indonesia menerapkan sebuah sistem pemerintahan demokrasi, pengertian demokrasi secara umum adalah sebuah pemerintahan yang dikendalikan oleh rakyat. Sejak jaman sekolah pastinya telah diajarkan apa itu demokrasi? Mungkin yang mudah di ingat dari sistem pemerintahan ini adalah sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Jadi kekuasaan terpenuh dari kekuasaan ini ada di tangan rakyat.

Demokrasi menurut para ahli diungkapkan sebagai suatu sistem pemerintahan tata negara yang berfungsi untuk memberikan persamaan hak pada setiap warga negaranya sebagai sebuah bentuk kedaulatan rakyat dan negara. Perlu anda ketahui ternyata demokrasi terbagai menjadi beberapa macam dan diterapkan di bebarapa negara di dunia dengan ideologi yang berbeda-beda. Selain itu Indonesia juga pernah melakukan pergantian dari jenis demokrasi tersebut.

Macam-macam Demokrasi di Dunia dengan Ideologi yang Berbeda-Beda

Demokrasi tidak hanya diterapkan di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara di dunia. Akan tetapi ideologi setiap demokrasi berbeda-beda. Mari simak informasinya di bawah ini.

1. Demokrasi Pancasila

Pengertian demokrasi Pancasila adalah sistem pemerintahan dengan bentuk demokrasi yang penyelenggaraannya berdasarkan keinginan, kepentingan, dan apirasi rakyatnya sehingga semua yang dilakukan oleh pemerintah berfungsi untuk memenuhi semua kebutuhan rakyatnya.pengertian domokrasi pancasila

Sekarang ini di pakai oleh Indonesia karena memang demokrasi yang satu ini sangat sesuai dengan ideologi pemerintahan di Indonesia yaitu Pancasila yang memberikan seluruh hak kepada warga negaranya, selain itu hak yang diperoleh juga memiliki kesamarataan antar setiap kalangan sehingga demokrasi ini benar-benar memiliki keadilan.

2. Demokrasi Liberal

Pengertian demokrasi liberal adalah sebuah demokrasi yang bentuknya atas dasar sebuah kebebasan. Dalam sistem pemerintahan ini kekuasaan seluruhnya ada di tangan rakyat sehingga pemerintah tidak pernah ikut campur. Pada jaman orde lama Indonesia masih menggunakan demokrasi liberal.

Pada tahun 1959 saat pemerintahan Soekarno mengganti bentuk demokrasi liberal dengan demokrasi terpimpin dengan mengeluarkan sebuah dekrit presiden. Sekarang ini negara yang menggunakan demokrasi liberal adalah negara Amerika Serikat, Kanada, Prancis, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Demokrasi Komunis

Demokrasi komunis adalah sebuah bentuk demokrasi yang mengatur dan mengurus seluruh kehidupan rakyatnya. Akan tetapi kekurangan dari demokrasi ini membuat segala sesuatu milik rakyat akan menjadi milik negara juga. Bahkan visi dari pemerintahan komunis ini dapat melakukan sebuah pemerasan dan juga pemaksaan.

Ciri-ciri dari demokrasi komunis adalah semua urusan perekonomian rakyat di atur oleh pemerintahan pusat, kekuasaan di negara di kuasai oleh satu golongan saja, di sebuah negara ini tidak dipercayai adanya Tuhan, selain itu di negara ini juga tidak mengakui adanya hak asasi manusia, dan memperbolehkan adanya kekerasan.

4. Demokrasi Terpimpin

Pengertian demokrasi terpimpin adalah sebuah demokrasi yang memberikan kebebasan atau keleluasaan kepada rakyat, akan tetapi tetap di atur dan di arahkan oleh pemimpin negara. Demokrasi terpimpin biasanya di kenal dengan jenis demokrasi yang semi otoriter atau dapat di kenal juga sebagai jenis demokrasi tunggal.

Demokrasi Terpimpin diterapkan di Indonesia pada tahun 1959 sebagai sebuah oergantian dari demokrasi liberal yang diterapkan pada masa orde baru. Perubahan ini ditandai dengan keluarnya dekrit presiden  Soekarna bahwa demokrasi terpimpin bukanlah diktator, sentralistik, ataupun liberal akan tetapi lebih kepada prinsip permusyawaratan yang di pimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan bukan berdasarkan perdebatan dan penyiasatan.

Setelah mengetahui macam-macam demokrasi yang ada di dunia ini, tentunya anda dapat membedakan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis demokrasinya.

Pengertian Demokrasi sebagai Sistem Pemerintahan di Indonesia | apaitu | 4.5