Pencemaran Udara dan Berbagai Penyebabnya

Sekarang ini di kota-kota besar sudah banyak sekali perusahan-perusahaan industri. Hal tersebut sebenarnya merupakan salah satu penyebab adanya pencemaran udara karena sebagian besar perusahan industri di Indonesia terkadang kurang tepat dalam mengelola polutan sehingga dapat mengganggu keramahan lingkungan bahkan ekosistem yang ada di dekatnya. Akan tetapi saat iniĀ  memang sudah sangat sulit untuk mencegah berbagai pencemaran yang sudah terjadi, kondisi tersebut hanya bisa diminimalisirkan dengan tidak melakukan sebuah hal yang menjadi pencemaran udara.

Pencemaran udara di Indonesia kini sudah memiliki dampak buruk karena pencemaran udara ini secara langsung juga mengakibatkan pencemaran lingkungan. Dan hal ini saat ini sangat rawan di Indonesia karena dapat menimbulkan berbagai penyakit. Sebenarnya penyebab dari pencemaran udara ini dapat diperkirakan dari ulah atau campur tangan manusia, akan tetapi juga dpaat terjadi karena alam sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan pencegahan dengan tidak berperilaku yang dapat menyebabkan pencemaran udara.

Penyebab Pencemaran Udara

Untuk dapat mengatasi pencemaran udara yang kini semakin merajalela, maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari pencemaran udara.

1. Penebangan Pohon

Salah satu yang menjadi penyebab pencemaran udara adanya penebangan pohon, dengan tidak adanya oksigen yang dihasilkan dari pohon-pohon maka tidak dapat menetralisir pencemaran yang terjadi. Terutama pada pencemaran udara yang disebabkan karena gas dari alat transportasi, oleh karena itu di pinggir jalan saat ini dipenuhi pepohanan hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya pencemaran udara.

Akan tetapi jika pohon-pohon di tebangi maka dapat membuat kondisi jalan raya yang kaya akan karbonmonoksida (CO2) akan memiliki pencamaran udara yang tidak akan terminimalisir. Oleh karena itu untuk mencegah pencemaran udara anda juga dapat melakukannya dengan menanam pohon di dekat rumah anda.polusi udara di dunia

2. Transportasi

Pencemaran udara disebabkan oleh hal yang paling utama adalah alat transportasi. Sekarang ini setiap orang pasti memiliki kendaraan pribadi, padahal kendaraan memiliki karbonmonoksida yang dapat menyebabkan pencemaran udara. Tentunya jika setiap orang tiap harinya menggunakan kendaraan bermotor, maka setiap tahunnya akan ada banyak gas CO2 yang menyebabkan pencemaran udara.

Oleh karena itu, untuk mencegah pencemaran udara lebih baik anda menggunakan alat transportasi kendaraan bermotor hanya untuk jarak yang jauh saja. Untuk jarak yang dekat sebaiknya ada menggunakan sepeda atau berjalan kaki agar tidak menyebabkan sebuah polusi. Dengan mengurangi polusi maka hal tersebut juga dapat mencegah pencemaran udara.

3. Campur Tangan Manusia

Salah satu penyebab dari pencemaran udara juga disebabkan oleh ulah tangan manusia itu sendiri. Biasanya campur tangun manusia itu dapat berupa pembuangan sampah sembarangan, menabangi pohon, dan menggunakan alat transportasi setiap hari.

Tentunya penyebab pencemaran udara tersebut dari ulah tangan manusia dapat diminimalkan karena dampak pencamaran udara sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu anda harus mencegah penyebab dari pencemaran udara.

4. Sektor Industri

Ternyata sektor industri juga merupakan salah satu faktor pencemaran udara, hal ini disebabkan kaena biasanya sektor industri memiliki limbah. Jika pengelolaan limbah industri tidak tepat maka dapat mengakibatkan pencemaran udara.

Oleh karena biasanya untuk mengatasi pencemaran udara dari sektor industri maka ada sebuah syarat untuk mengizinkan berdirinya perusahan industri di sebuah tempat atau daerah. Jika industri tersebut dapat mengakibatkan limbah, maka perusahaan tersebut tidak diizinkan untuk berdiri.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari pencemaran udara, maka sebaiknya anda tidak melakukan hal yang merupakan salah satu penyebab dari pencemaran udara.

Pencemaran Udara dan Berbagai Penyebabnya | apaitu | 4.5