Pemanasan Global, Dampak, Penyebab, dan Akibatnya

Pemanasan global merupakan salah satu permasalahan yang ada di muka bumi ini yang timbul dari adanya sebuah peningkatan gas yang bernama emisi yang dapat dikatakan sebagai hasil dari sebuah efek rumah kaca. Gas emisi ini berupa metana, karbonmonoksida, dinitroksida, sulfur, beksafluorida, dan hidrofluorokarbon yang ada di dalam atmosfer bumi. Tentunya adanya gas ini dapat berdampak buruk bagi lingkungan.

Efek dari rumah kaca memang menghasilkan berbagai gas yang membahayakan seperti karbonmonoksida, polutan udara, dan gas lainnya yang akhirnya berkumpul pada atmosfer bumi dan kemudian dapat menyerap sinar matahari dan juga radiasi matahari yang memantul dari permukaan bumi. Hal ini sebenarnya yang membuat cuaca di bumi saat ini semakin tidak menentu dan membuat cuaca di bumi semakin panas.

Penyebab Adanya Pemanasan Global

Sekarang ini pemanasan global terus berkembang pesat sehingga untuk mengurangi global warming anda harus mengurangi hal-hal apa penyebab pemanasan global, mari simak informasinya berikut ini.

1. Pembakaran Bahan Bakar Fosil

Pembakaran bahan bakar fosil yang saat ini terus digunakan sebagai bahan untuk membuat listrik menjadi sumber polusi pencemaran yang mengakibatkan adanya pemanasan global. Perlu anda ketahui pembakaran hasil fosil ini memiliki gas terbesar yaitu sekitar  dua milliar ton karbonmonoksida setiap tahunnya. Tentunya hal ini sangat berdampak besar pada pemanasan global.

Setelah membaca artikel pemanasan global, sebaiknya anda mengurangi penggunaan listrik anda karena semakin banyak anda menggunakan listrik maka semakin banyak juga pembakaran bahan bakar fosilnya. Tentunya jika penggunaan listrik anda semakin banyak maka akan berdampak pada pemanasan global. Walaupun saat ini sudah ada pembangkit listrik tenaga batu bara, akan tetapi ternyata batu baru juga menjadi salah satu penyebab pemanasan global.pemanasan global

2. Gas Efek Rumah Kaca

Gas efek rumah kaca menimbulkan adanya karbonmonoksida dan berbagai gas lainnya yang memang sangat berpengaruh dalam radiasi matahari yang memantul ke atmosfer sehingga cuaca di bumi saat ini begitu ekstrim terus berubah tidak menentu, hal ini dapat anda pastikan perubahan cuaca dan musim yang kini kian tak menentu hal tersebut disebabkan oleh adanya pemanasan global.

Jika semakin banyak jumlah gas efek rumah kaca, maka pemanasan global akan terus bertambah dan berdampak buruk pada kehidupan kita. Jika anda ingin mengurangi penyebab dari pemanasan global maka sebaiknya anda meminimalisir gas-gas efek dari rumah kaca.

3. Transportasi

Salah satu hal yang mempengaruhi pemanasan global adalah sektor transportasi, bisa anda pastikan bahwa setiap orang saat ini sudah memiliki kenderaan pribadi. Tentunya, hal ini sangat mempengaruhi global warming karena setiap tahunnya sektor transportasi bisa menghasilkan sekitar 1,7 millir ton emisi gas karbonmonoksida per tahunnya.

Tentunya setelah anda mengetahui sektor transportasi menjadi salah satu akibat pemanasan global, maka sebaiknya anda mencintai lingkungan anda dengan menggunakan alat transportasi jika sangat butuh. Jika anda berpergian ke tempat yang dekat maka sebaiknya anda menggunakan sepeda atau dengan cara berjalan kaki.

4. Penebangan Hutan

Dampak dari pemanasan global yang sangat ekstrim ini juga disebabkan oleh adanya penebangan hutan. Dengan adanya penebangan hutan membuat pemanasan global dengan perubahan cuaca yang sangat ekstrim, menyebabkan bencana alam dan juga badai.

Tentunya anda dapat mencegah semua dampak buruk tersebut dengan melakukan penebangan hutan dengan melakukan reboisasi. Dengan melakukan penanaman pohon kembali maka dapat mengatasi pemanasan global.

Setelah mengetahui berbagai penyebab pemanasan global, tentunya anda dapat meminimalkan dampak buruk dari global warming.

Pemanasan Global, Dampak, Penyebab, dan Akibatnya | apaitu | 4.5