Paragraf Deskripsi dan Ciri-Cirinya

Pengertian paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sebuah objek melalui kata-kata yang dapat meransang panca indera pembacanya sehingga pembaca akan merasa seolah-olah merasakan apa yang telah di tulis di dalam paragraf tersebut.Sebagian besar orang dengan mudah mengenali pargraf deskripsi karena kalimat-kalimat yang terdapat di dalam paragraf ini memang seperti memberi tahu ciri-ciri objek nyata yang diceritakan di dalam paragraf.

Oleh karena itu, paragraf deskripsi ini memang dapat dikatakan sebagai hasil dari observasi yang memiliki kejelasan sesuai fakta yang ada. Jadi ketika sebuah paragraf menceritakan ciri-ciri dari objek tersebut maka sudah dapat dipastikan paragraf tersebut merupakan paragraf deskripsi.Tujuan paragraf deskripsi adalah untuk membuat pembacanya menjadi lebih tahu fakta dari objek yang telah diceritakan dalam paragraf tersebut. Sedangkan aspek dari paragraf deskripsi adalah berupa karakteristik, sifat, keadaan, dan perasan yang melekat pada objek tersebut.

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Walaupun sudah banyak orang yang dengan mudahnya menentukan bahwa paragraf tersebut termasuk ke dalam pargaraf deskripsi, anda juga perlu mengetahui ciri-cirinya. Oleh karena itu mari simak informasinya berikut ini.

1. Menggambarkan atau Melukiskan Objek

Salah satu ciri dari paragraf deskripsi yang sudah diketahui banyak orang adalah sifatnya yang menggambarkan orang ataupun melukiskan sebuah objek. Tentunya memang sangat mudah menentukan jenis pargraf deskripsi.

Cara menggambarkan objek dalam paragraf deskripsiadalah dengan cara menyebutkan ciri-ciri objek yang sedang digambarkannya. Objek dalam paragraf ini dapat berupa benda, tempat, ataupun suasana tertentu. Akan tetapi penggambaran dari melukiskan seuah objek ini harus berdasarkan fakta sehingga buktinya harus akurat. Oleh karena itu untuk mendapatkan data yang tepat anda perlu melakukan sebuah observasi.Paragraf Deskripsi Adalah

2. Melibatkan Panca Indera

Ciri yang kedua dari paragraf deskripsi adalah kalimat-kalimatnya menggunakan penggambarkan yang dapat di bayangkan oleh pembacanya melalui bayangan sebuah panca indera seperti pendengaran, penciuman, penglihatan, perabaan dan pengecapan.

Tentunya dengan adanya gambaran panca indera dapat membuat pembacanya lebih mudah untuk memahami informasi yang ingin disampaikan oleh penulis di dalam pargraf deskripsinya. Jadi ketika anda menemukan sebuah bacaan dengan menggunakan gambaran dari panca indera, maka dengan mudah anda dapat mudah menentukan bahwa paragraf tersebut adalah paragraf deskripsi. Salah satu contoh paragraf deskripsi adalah paragraf dengan judul “Kondisi Jogjakarta pada Malam Hari”.

3. Menjelaskan Ciri-Ciri Fisik Objek

Ciri selanjutnya dari paragraf deskripsi adalah menjelaskan ciri-ciri fisik objeknya secara detail. Penggambaran ini juga bertujuan agar pembacanya memang lebih mudah dalam memahami informasi yagng ingin disampaikan oleh penulisnya.

Ciri-ciri fisik ini seperti pengungkapan atau penggambaran warna, ukuran, bentuk, kepribadian seseorang secara rinci. Sudah dijelaskan dari awal paragraf deskripsi memang memiliki sebuah kalimat-kalimat yang menjelaskan secara jelas untuk menggambarkan sebuah objeknya.

4. Ada Berbagai Jenis Pengembangan di Dalamnya

Ciri yang terakhir adalah paragraf deskripsi memiliki jenis pengembangan yang memang disesuaikan dengan berbagai tujuan penulisannya. Ada beberapa jenis pengembangannya yaitu deskripsi spatial, subjektif, dan objektif.

Ketiga pengembangan paragraf deskripsi tersebut memiliki sebuah perbedaan yaitu deskrepsi spatial menggambarkan atau melukiskan suatu objek berupa ruang dan tempat. Sedangkan pengembangan subjektif adalah menuliskan dengan berbagai opini dan kesan. Dan jenis pengembangan yang terakhir adalah objektif yaitu pengembangan yang dilakukan oleh penulis dengan menuliskan apa adanya.

Setelah mengetahuiciri-ciri paragraf deskripsi, maka anda dapat lebih mengenali perbedaan antara paragraf deskripsi dengan jenis paragraf yang lainnya.

Paragraf Deskripsi dan Ciri-Cirinya | apaitu | 4.5