Paragraf Argumentasi dan Ciri-Cirinya

Adapun Pengertian paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang memiliki gagasan dengan mengembangkannya dengan ulasan yang berupa pendapat, bahasan ataupun ide pribadi yang dimiliki oleh penulisnya. Tujuan dari paragraf argumentasi adalah untuk mempengaruhi pembaca agar dapat memiliki pendapat yang sama. Dari sebuah pengertian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa paragraf argumentasi juga dapat mempengaruhi pembacanya untuk lebih percaya dengan pendapat yang terdapat dalam paragraf tersebut.

Tentunya semua paragraf memang terkadang memiliki kalimat-kalimat yang berupa pendapat, akan tetapi di dalam paragraf argumentasi ini lebih mengutamakan sebuah penulisan subjektif dari penulis sehingga tulisannya memang sebuah opini atau pendapat dari penulis yang disertai juga dengan fakta-fakta yang bersifat konkret dan nyata. Oleh karena anda dapat membedakan paragraf argumentasi dengan jenis paragraf lainnya dari gaya penulisan si penulisnya.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Agar lebih memudah membedakan antara paragraf argumentasi dengan paragraf yang lainnya, mari simak informasinya berikut ini.

1. Datanya berupa Fakta

Ciri yang pertama dari paragraf argumentasi adalah memuat data yang berupa fakta, walaupun paragraf argumentasi lebih di kenal sebagai sebuah paragraf yang memuat pendapat akan tetapi ternyata data dalam paragraf argumentasi juga memiliki fakta sehingga paragraf argumentasi ini di awali dengan data yang berupa fakta nyata kemudian dijelaskan dengan pendapat atau opini dari si penulisnya. Dalam penulisannya paragraf argumentasi memuat kalimat-kalimat yang mengungkapkan sebuah pendapat yang tujuannya memang untuk membuat orang lain percaya dan juga yakin dengan apa yang telah penulis tuliskan dalam paragraf argumentasi.paragraf argumentasi

2. Berisi Opini

Ciri yang kedua dalam paragraf argumentasi memuat opini atau pendapat mengenai sebuah data yang bersifat konkret. Opini ini termuat dalam kalimat-kalimat paragraf argumentasi yang memang dituliskan oleh penulisnya secara subjektif. Jadi secara keseluruhan mengenai pendapat yang terdapat di dalam paragraf argumentasi adalah sepenuhnya pemikiran penulisnya yang mengungkap sebuah ide ataupun gagasannya. Akan tetapi walaupun pendapatnya yang bersifat subjektif paragraf argumentasi tetap mampu membuat orang lain percaya. Ada contoh paragraf argumentasi tentang lingkungan berikut ini.

Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Ternyata banjir yang terjadi di DKI Jakarta, bukan hanya disebabkan oleh curah hujan deras yang terjadi dalam waktu dua hari ini. Akan tetapi penyebab utama banjir ini disebabkan karena banyaknya sampah yang menumpuk di area sungai. Hal tersebut yang membuat air sungai tidak mampu mengalir hingga meluap dan mendatangkan banjir. Agar tidak terjadi banjir maka anda dapat mencegahnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Hasil Research

Ciri selanjutnya mengenai paragraf argumentasi adalah adanya sebuah hasil riset, walaupun kalimatnya bersifat subjektif dari si penulis akan tetapi untuk lebih meyakinkan pembacanya di dalam pargraf argumentasi terdapat sebuah pernyataan yang merupakan hasil riset. Dengan adanya tambahaban hasil riset ini tentunya akan membuat orang lain untuk lebih percaya dan yakin dengan apa yang telah penulis tuliskan. Dalam hasil riset ini juga biasanya ditambahkan dengan adanya sebuah teori ahli.

4. Ada Kesimpulan

Di dalam paragraf argumentasi terdapat sebuah kesimpulan yang merupakan sebuah penutup dari paragraf tersebut. Berikut ini kesimpulan dari contoh paragraf argumentasi tentang pendidikan.

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk bangsa dan negaranya karena dengan memiliki pendidikan yang lebih maju maka akan membuat negara lebih maju juga.

Setelah mengetahui ciri-ciri dari paragraf argumentasi maka akan membuat anda lebih mudah untuk membedakan paragraf argumentasi dengan jenis paragraf yang lainnya.

Paragraf Argumentasi dan Ciri-Cirinya | apaitu | 4.5